Pengertian Wide Area Network

Posted by Info Teknologi


WAN (Wide Area Network) merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antar Autonomous System (AS). Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh. Untuk menhubungkan beberapa autonomous system, selain diperlukan media fisik tertentu, juga diperlukan teknologi WAN yang bekerja dengan melakukan komunikasi dengan pengolahan frame. 



Pada implementasinya, teknologi WAN dapat bekerja pada lapisan datalink atau gabungan antara lapisan fisik dan datalink. Pada lapisan datalink yang dikerjakan merupakan proses sinkronisasi digital yang juga dilengkapi dengan authentikasi.  Pada lapisan fisik, sejumlah standarisasi pensinyalan yang didefinisikan pada type jalur tertentu dengan kapasitas maksimal data yang dapat dimuatkan pada media telah disediakan untuk membangun Wide Area Network (WAN). 



standarisasi media yang dapat digunakan untuk membangun Wide Area Network (WAN). Pada implementasinya macam-macam line type di produksi oleh banyak vendor, satu hal yang membatasi dalam pembuatannya, setiap vendor harus mematuhi aturan standarisasi. Setelah jaringan terhubung dengan menggunakan media fisik tertentu, maka selanjutnya untuk keperluan pertukaran data diperlukan suatu proses yang mengatur pertukaran data melalui aplikasi tertentu. 



Proses ini selanjutnya dikenal dengan Encapsulasi/Dekapsulasi (Encapsulation/Decapsulation). Encapsulasi adalah proses pemberian informasi (berupa header atauTrailer) data menjadi paket data (PDU = Protocol Data Unit) sebelum dikirimkan ke layer selanjutnya, proses ini terjadi pada proses pengiriman paket data menuju host tujuan. Proses dari Encapsulation terbagi kedalam lima proses, yaitu : 



Tahap 1: Build the Data (PDU = Data). 

Proses perubahan format aplikasi menjadi PDU yang disebut sebagai DATA, yang dapat dikirimkan melalui 

media jaringan. 



Tahap 2: Package the data for end-to-end transport (PDU = Segments). 

Proses pengumpulan data yang akan dikirimkan menjadi paket data yang disebut dengan SEGMENT. 



Tahap 3: Add the network IP address to the header (PDU=Packets). 

Pemberian informasi alamat logical (IP Address) asal dan tujuan paket data. 



Tahap 4: Add the data link layer header and trailer (PDU=Frames). 

Pemberian informasi (Frame Header and Trailer) paket data mengenai perangkat jaringan yang terhubung langsung (directly-connected). 



Tahap 5: Convert to bits for transmission (PDU=Bits). 

Proses konversi paket digital menjadi sinyal-sinyal listrik agar paket data dapat dikirimkan melalui media. 



Proses Enkapsulasi terjadi dari Tahap 1 menuju/sampai tahap 5, sedangkan proses kebalikannya yang terjadi pada host tujuan berupa tahap 5 menuju tahap 1 diatas dikenal dengan istilah Dekapsulasi, yaitu terjadi proses pelepasan informasi (berupa header atau trailer) paket data menjadi data. Proses enkapsulasi 

terjadi pada proses pengiriman paket data atau proses request pada handshake. Sedangkan proses dekapsulasi terjadi pada proses penerimaan paket data (pada sisi tujuan) atau pada handshake dikenal dengan istilah respon. 



WAN dapat menghubungkan  banyak LAN  serta menyediakan akses ke komputer–komputer atau  server pada lokasi lain. Beberapa teknologi WAN antara lain adalah ISDN, DSL, PPP, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.  Penyedia layanan jaringan WAN biasa menggunakan istilah-istilah jaringan berikut untuk 

menggambarkan bagian utama dari jaringan WAN: 



1. Customer Premises Equipment 

(CPE), yaitu peralatan yang dimiliki dan berada di lokasi pelanggan. 



2. Data 

Terminating Equipment (DTE), yaitu perangkat (dapat berupa perangkat tunggal atau berupa sistem) yang berfungsi data, header dan trailler-nya. untuk mengakses jaringan publik yang berada di lokasi pelanggan 



3. Local Loop, yaitu jalur yang 

menghubungkan demarcation dengan lokasi switch yang berada di lokasi Central Office terdekat. 



4. Data Circuit Terminating 

Equipment (DCE), yaitu perangkat (dapat berupa perangkat tunggal atau berupa sistem) yang berfungsi untuk membagi akses jaringan publik kepada pelanggan. 



5. Central Office, yaitu perangkat 

yang menghubungkan pelanggan ke jaringan switching milik provider. Central Office juga biasa di sebut dengan istilah Point Of Presents (POP).  

Related Post



Post a Comment