Istilah-Istilah Dalam Internet Terbaru

Posted by Info Teknologi


Istilah-Istilah Dalam Internet - Istilah-istilah dalam internet terbaru memang tiada hentinya, istilah-istilah tersebut sering bermunulan seiring dengan perkembangan teknologi internet. Yang akan saya bahas yaitu istilah-istilah internet secara umum saja.



ADN 

(Advanced Digital Network) - Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.



ADSL

(Asymetric Digital Subscriber Line) - Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.



Anonymous FTP 

Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan "Anonymous" pada isian Username dan alamat email sebagai password.



ARPANet 

Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.



ASCII 

American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.



ASP (Active Server Pages) 

adalah spesifikasi untuk membuat halaman Web dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server Web membuat halaman dengan kode-kode HTML dan kemudian mengirimkannya kepada browser.



Backbone 

Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.



Bandwidth  

Besaran yang menunjukkan banyaknya data yang dapat dilewatkan di suatu saluran komunikasi pada network dalam satuan waktu tertentu.



Binary 

Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.



Bit 

BInary digiT Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1.



Blog 

Layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate setiap hari. Blog biasanya digunakan secara cuma-Cuma. Tapi ada juga yang berbayar. Melalui blog, kita bisa memposting tulisan-tulisan kita tentang berbagai topik yang membuat kita menarik untuk dibaca oleh publik. Kegiatan mengupdate informasi di blog disebut blogging, sedangkan pemilik blog disebut blogger.



bps

Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.



Broadband

Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.



Browser 

adalah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan fasilitas lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla, dll.



Byte 

Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.



CGI 

Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI.



cgi-bin

Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan.



Chat

chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan berkomunikasi antar sesama pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks, suara (chatting voice) menggunakan perangkat Headset, maupun secara visual (video call) menggunakan Web Cam (kamera).



DNS

Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola. Suatu sistem database yang mengizinkan aplikasi TCP/IP menterjemahkan nama host ke dalam satu IP address. DNS (Domain Name Service) merupakan servis di Internet untuk network yang menggunakan TCP/IP. Servis ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan nomor (alamat Internet). Komputer di Internet diidentifikasikan dengan angka, yaitu nomor IP. Misalnya, sebuah komputer memiliki nomor IP {192.168.1.1}. Komputer lebih mudah bekerja dengan angka, sedangkan manusia lebih mudah mengingat nama. Komputer dalam contoh ini dapat diberi nama {gareng}, misalnya. Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka.DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola. Untuk mengetahui nomor IP dari sebuah mesin (komputer) di Internet dapat digunakan beberapa program.



DSL

Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.



Domain 

Di dunia internet atau web, domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer.



Chat atau chatting 

Ngobrol online. Bisa dibilang begitu. Aktivitas chat ini memungkinkan anda berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya yang sedang sama-sama online. 



Password

Pengertian mudah dari password adalah kata kunci. Password biasanya terdiri dari kombinasi beberapa huruf atau angka yang bersifat rahasia. Hati-hatilah dalam membuat dan menyimpan password yang anda buat untuk meminimalisir kejadian yang tidak anda inginkan, misalnya saja kena hack. Sebaiknya buatlah kombinasi password yang rumit agar tidak mudah ditembus orang lain. 



Bandwith atau pita lebar

Pengertian dari bandwith adalah sebuah ukuran yang menunjukkan kapasitas transfer data sebuah jaringan. Satuan dari bandwith adalah megabit per second (Mbps) atau kilobit per second (Kbps).



Upload

Pengertian upload adalah proses pengunggahan data dari komputer kita ke internet. Misalnya saja anda bisa mengupload foto anda ke internet. 



D0nlod

Upload dan d0nlod memang seperti dua bersaudara. D0nlod merupakan kebalikan dari upload. Pengertian dari d0nlod adalah proses pengunduhan atau pengambilan data dari internet untuk disimpan di komputer. Jadi, ketika anda sedang mengambil sebuah file dari internet, maka anda sedang melakukan proses d0nlod. 



Login

Login adalah proses masuk kedalam sebuah halaman web. Biasanya proses login membutuhkan sebuah password.



Logout

Logout adalah proses keluar dari sebuah halaman web. Jadi, logout adalah kebalikan dari login.



Offline

Pengertian offline adalah komputer kita dalam keadaan tidak tersambung ke internet.



Online

Kebalikan dari offline, pengertian online adalah komputer kita dalam keadaan tersambung ke internet



Sign up

Sign up adalah sebuah proses pendaftaran / daftar. Misalnya saja, ketika anda belum memiliki akun di facebook, maka anda diharuskan sign up untuk dapat bergabung ke facebook dan menikmati semua fitur yang ditawarkan facebook. Biasanya proses sign up melibatkan sebuah email.



Email

Email merupakan singkatan dari electronic mail atau jika di bahasa indonesia disebut surat elektronik. Fungsi dari email adalah untuk mengirimkan pesan atau surat melalui jaringan internet.



Jangan lupa untuk membaca istilah-istilah tentang komputer ya gaan..!! Semoga Bermanfaat

Related Post



Post a Comment