Pengaturan Run Level

Posted by Info Teknologi


Linuk berjalan pada satu dari beberapa mode runlevel. Masing masing runlevel yang  dengan nomor dari 0 sampai dengan 6. Diantara ketujuh runlevel Proses booting adalah suatu proses rasinya mulai bekerja dengan menginisialisasi semua ukan suatu sistem operasi: ry, kemudian di memory itu image ice-device . n program bernama ce selanjutnya. udian getty membantu dalam ux gin memiliki fitur dan level fungsi berbeda. 



Normalnya sebuah sistem linux memiliki 7 runleveltersebut, 3 diantaranya adalah tetap yaitu 0=shutdown, 1=single user dan 6=restart, sedangkan 4 lainnya (2-5) dapat diatur oleh user. Namun beberapa distribusi menetapkan bahwa untuk 2 dan 3 biasanya digunakan untuk multiuser tanpa GUI sedangkan 4 dan 5 multiuser dan GUI. 



Proses Booting 

komputer dan sistem operasi perangkat yang ada di komputer beserta driver yang menjalankannya. Selain itu juga proses menjalankan servis-servis utama yang ada didalam suatu sistem operasi.  Berikut adalah urutan proses booting yang dilakukan suatu sistem operasi

1 Boot loader mencari image kernel, meloadnya ke memokernel tadi dijalankan. 

2 Kernel mengenali device-device berikut driver bagi devtersebut. 

3 Kernel kemudian me-mount root filesystem 

4 Selanjutnya kernel akan menjalankan init. 

5 Init kemudian menjalankan service selanjutnya

6 Setelah proses terakhir yang dijalankan init, kemudian getty dijalankan untuk masuk ke dalam halaman login. 



Memahami masing-masing tahap booting di atas akan membantu dalam memproses troubleshooting dan memahami sistem secara keseluruhan.  



Mengatur Default Runlevel 

Default runlevel pada sistem link terletak pada /etc/inittab. Jika ingin menentukan runlevel 3 sebagai default, maka /etc/inittab harus berisi baris berikut ini: 



Id:3:initdefault: 



Baris yang menunjukan initdefault tersebut hanya boleh satu saja, Pada linux Ubuntu, jika /etc/inittab tidak ditemukan maka runlevel default diatur melalui skrip yang terdapat pada /etc/event.d/. File yang menentukan default runlevel adalah rc-default. Berikut ini adalah skrip dari rc-default: 


# rc - runlevel compatibility
#
# This task guesses what the "default runlevel" should be and starts the
# appropriate script.

start on stopped rcS

script

runlevel --reboot || true
if grep -q -w -- "-s\|single\|S" /proc/cmdline; then

 telinit S

elif [ -r /etc/inittab ]; then

 RL="$(sed -n -e "/îd:[0-9]*:initdefault:/{s/îd://;s/:.*//;p}"
/etc/inittab || true)"

 if [ -n "$RL" ]; then


telinit $RL

 else


telinit 2

 fi

else

 telinit 2

fi
end script





Berdasarkan skrip tersebut dapat  runlevel yang sedang diketahui bahwa default runlevel untuk Ubuntu adalah 2. Untuk mengetahuiberjalan dapat menggunakan perintah runlevel pada command line

Related Post



Post a Comment